
Pengetahuan baru untuk dosen! Kegiatan Workshop “Beurteilen von Sprachkompetenz In DaF”
Kegiatan Workshop dosen dengan tema “Beurteilen von Sprachkompetenz In DaF” ini merupakan inisiatif pengembangan profesional yang esensial, bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan objektivitas evaluasi pengajaran Bahasa Jerman di tingkat perguruan tinggi. Kegiatan ini dilaksaakan pada hari Sabtu, 11 Oktober 2025. Inti dari tema ini adalah eksplorasi mendalam terhadap aspek-aspek teoritis dan praktis yang melandasi proses penentuan sejauh mana mahasiswa telah menguasai keterampilan berbahasa Jerman (mendengar, membaca, berbicara, dan menulis).
Workshop yang dibawakan oleh Frau Marlene Klässner membahas bahwa penilaian kompetensi berbahasa bukanlah sekadar pemberian nilai, melainkan sebuah proses kompleks yang melibatkan pemilihan instrumen yang tepat, perancangan kriteria yang jelas (seringkali mengacu pada Kerangka Acuan Bersama Eropa / GER), serta implementasi penilaian yang menjamin validitas dan reliabilitas. Dalam sesi ini, para dosen akan diajak untuk mengkritisi praktik penilaian yang selama ini diterapkan, membandingkan efektivitas penilaian formatif—yang bertujuan untuk memandu proses belajar (assessment for learning)—dengan penilaian sumatif—yang mengukur hasil akhir (assessment of learning)—sehingga mereka dapat mengintegrasikan kedua pendekatan tersebut secara seimbang di kelas.
Selain aspek teknis, workshop ini juga menekankan dimensi keadilan (fairness) dan objektivitas dalam penilaian, terutama mengingat konteks budaya dan latar belakang pendidikan mahasiswa di Indonesia yang beragam. Dosen akan dilatih untuk mengembangkan rubrik penilaian (Bewertungskriterien) yang transparan dan rinci, sehingga mengurangi bias subjektif saat menilai kemampuan produksi bahasa seperti berbicara (Sprechen) dan menulis (Schreiben). Pembahasan juga akan menyentuh isu-isu kontemporer, seperti penggunaan teknologi dan e-assessment untuk penilaian, serta penyelarasan penilaian internal universitas dengan format-format tes eksternal yang diakui secara internasional, seperti Goethe-Zertifikat atau TestDaF. Secara keseluruhan, workshop ini berfungsi sebagai platform refleksi dan peningkatan mutu, membekali para dosen dengan kerangka kerja evaluasi yang kokoh, mutakhir, dan berlandaskan ilmu didaktik DaF, memastikan bahwa nilai yang diberikan benar-benar mencerminkan kompetensi bahasa mahasiswa dan memfasilitasi kemajuan belajar mereka secara optimal.